Saturday 27 July 2013

Apakah Program Internship Memberatkan Dokter Baru?

Pertanyaan ini terus menggelitik saya akhir-akhir ini karena hal demikianlah yang akan saya hadapi beberapa waktu kedepan..

Sekedar cerita saya adalah lulusan dokter baru Juli 2013, yang sebentar lagi akan menghadapi program intership dari pemerintah. Program intership atau nama lainnya dokter magang merupakan program yang disusun oleh pemerintah dengan tujuan memberdayakan dokter-dokter yang baru lulus untuk bekerja di daerah-daerah tertentu sesuai dengan pembagiannya masing-masing dengan gaji minimal dari pemerintah. Informasi terbaru, dokter internship digaji sebesar 2,5 juta dari sebelumnya 1,2 per bulan yang pembayarannya tiap 3 bulan.Sungguh, ini merupakan angin segar untuk dokter yang akan internship seperti saya berhubung sejak saya di lantik menjadi dokter saya bertanggung jawab untuk membiayai diri sendiiri.

Saya prihatin dengan kenyatan-kenyataan di negara Indonesia ini, dimana tenaga kesehatan muda di biayai pemerintah dengan sangat minim padahal tenaga yang lain, mis : di Jakarta, Preman digaji 4 juta perbulan, supir bus 7 juta perbulan yang mana gaji beberapa kali lipat lebih besar dibanding dokter internship. sungguh ironi, padahal apa yang dihadapi nanti adalah bahaya-bahaya yang mengancam jiwa  seperti infeksi, tuntutan hukum, dll..

Bertolak dari hal demikian, saya kemudian berpikir alangkah sulitnya seorang Dokter menjadi kaya. Tapi mengapa opini yang ada di masyarakat selalu mengatakan profesi Dokter sebagai profesi yang mapan? Sungguh aneh !!

Selama pendidikan saya beberapa kali tugas di puskesmas dan melihat cara kerja dokter-dokter di sana. Sungguh berbeda dengan yang saya bayangkan sebelumya. Mereka bekerja asal-asalan, bahkan ada yang datang beberapa jam kemudian dari jadwal seharusnya dan pulang lebih awal. Bahkan beberapa kali tidak datang dengan alasan keluarga yang akhirnya Poli dilayani oleh perawat. Ini sangat bertentangan dengan hati nurani saya yang sudah berprinsip bahwa setiap orang harus mencintai pekerjaannya sehingga dampak pelayanan itu dapat dirasakan dengan baik oleh orang-orang. Sejak itu saya menanamkan dalam diri saya untuk tidak berpuas hati hanya menjadi Dokter umum. Saya harus melanjutkan pendidikan saya sehingga saya tidak menjadi seperti orang-orang yang bekerja hanya karena rutinitas saja tapi tidak mencintai pekerjaannya.

Menjadi Dokter interenship menurut saya tidak ada salahnya, selama program ini memberi dampak positif untuk kesehatan di Indonesia. Selain itu, selama internship dokter-dokter baru juga bisa konsultasi dan belajar dengan seniornya sehingga segala tindakan medis yang tidak diharapkan dapat dihindari. Tapi perlu diperhartikan kesejahteraan  tiap dokter juga, mis : perlindungan kesehatan, lama jaga yang sesuai UU Tenaga kerja dll, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan dengan program tersebut.

Semoga Dokter-Dokter lulusan baru dapat menjalani program internship dengan lancar dan program ini dapat menjadi batu loncatan untuk penentuan peran masing-masing di bidang kesehatan..

Selamat mengabdi..

No comments:

Post a Comment